Sistem Pembelajaran 
UNIVERSITAS TULUNGAGUNG 



Belajar di perguruan tinggi tidak lagi dikenal sebagai seorang pelajar tetapi seorang mahasiswa. Sebagai calon mahasiswa baru penting untuk mengetahui sistem pembelajaran di perkuliahan, sehingga tidak bingung ketika mulai masuk kuliah. Perguruan tinggi atau universitas memiliki beberapa fakultas dan program studi (prodi), sistem pembelajaran dan sistem nilai yang diterapkan pun berbeda dari masa sekolah.

Pembagian Prodi Dan Fakultas 

Ketika kita hendak mendaftar sebagai mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi maka kita wajib menentukan jurusan yang kita inginkan. Sebelum itu kita perlu mengenal istilah-istilah umum yang terdapat dalam dunia perkuliahan seperti berikut ini.
Jurusan
Jurusan adalah bidang studi yang berfokus pada satu minat yang diambil oleh mahasiswa. Terdapat berbagai macam jurusan dalam satu program studi. Jurusan dalam perkuliahan diantara lain adalah jurusan kesehatan, jurusan bahasa, jurusan seni, dan lain sebagainya.
Prodi
Prodi merupakan singkatan dari program studi, prodi adalah kumpulan pembelajaran yang diambil berdasarkan jurusan yang diminati. Banyak orang yang masih bingung dengan prodi karena pengertiannya hampir sama dengan jurusan.

Fakultas

Fakultas merupakan kumpulan dari beberapa prodi sehingga dalam satu fakultas ada beberapa prodi yang didalamnya. Jika Anda mengambil prodi bahasa inggris maka Anda akan masuk ke dalam fakultas ilmu budaya. Anda bisa mengunjungi goKampus untuk melihat daftar jurusan yang mungkin Anda minati.
Sistem Pembelajaran Dan Sistem Nilai
Sistem pembelajaran dan sistem nilai pada masa perkuliahan sangat berbeda dibanding dengan masa sekolah. Di universitas menggunakan beberapa sistem pembelajaran yang tidak hanya membahas secara teori namun juga praktik langsung yang dilakukan oleh mahasiswa.

SKS

Salah satu sistem pembelajaran perkuliahan yaitu sistem kredit semester (SKS). SKS adalah sistem pembelajaran dimana para mahasiswa memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester.

Kuliah Kerja Nyata

Berkuliah tidak hanya tentang mempelajari berbagai teori dalam mata kuliah, namun sebagai mahasiswa juga perlu terjun langsung melakukan praktik. Guna menerapkan tri darma perguruan tinggi mahasiswa perlu mengambil Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mengembangkan desa. KKN diambil ketika mahasiswa memasuki semester 5 atau 6 pada masa perkuliahan.

Laporan Tugas Akhir, Skripsi atau Tugas Akhir

Pada semester akhir masa perkuliahan, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan penelitian yang dilaporkan dalam bentuk skripsi atau tugas akhir. Skripsi atau tugas akhir merupakan syarat wajib untuk kelulusan dan mendapatkan gelar diploma atau sarjana. Tips mengerjakan skripsi dapat Anda lihat di goKampus.

IP dan IPK

Selain sistem pembelajaran, calon mahasiswa baru perlu mengetahui sistem penilaian pada masa kuliah. Sistem penilaian tersebut adalah Indeks Prestasi (IP) yang merupakan keseluruhan nilai pada satu semester atau satu SKS. Sedangkan Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK merupakan keseluruhan nilai selama masa perkuliahan dari semester satu hingga semester akhir.
Setelah mengetahui sistem pembelajaran di bangku kuliah tentu Anda sebagai calon mahasiswa baru menjadi lebih semangat untuk segera memulai perkuliahan. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap di goKampus untuk semua informasi mengenai dunia perkuliahan dan kampus.

49x